ANATOMI DASAR RADIOLOGI TULANG MANUSIA


Radiologi identik dengan radiasi, selain identik dengan radiasi, radiologi juga identik dengan tulang dikarenakan semua orang yang mengalami kecelakaan dan berakhir patah tulang maka akan masuk ke unit radiologi. sebagai radiografer harus dituntut hafal anatomi tulang manusia dari kepala hingga ujung kaki. secara umum tulang manusia hanya beberapa dan sudah kita kenal melalui sekolah menengah atas. didalam radiologi sendiri tulang manusia masih memiliki bagian bagian tersendiri yang harus diketahui secara detail. Anatomi bagian bagian tulang akan kita bahas diposting selanjutnya, sekarang kita harus mengetahui terlebih dahulu secara garis besar anatomi tulang manusia.

Secara garis besar, anatomi tulang manusia dibagi beberapa bagian yaitu cranium (kepala), Vertebra ( tulang belakang), Thorax (dada), Pelvis (pinggul), Upper extremity ( tulang gerak atas), dan Lower Extremity (tulang gerak bawah).

Cranium (kepala)

Cranium adalah sebutan tulang kepala dari bahasa medis, dalam bahasa  inggris disebut skull. dalam tulang kepala terdapat banyak sekali bagian bagian kecil yang memiliki bentuk dan keunikan tersendiri. bagian kecil tulang kepala akan kita bahas di postingan selanjutnya

Vertebra (tulang belakang)

vertebra merupakan sistema tulang belakang yang melindungi dan berfungsi sebagai wadah syaraf tubuh manusia. tulang belakang merupakan tulang yang sangat berbahaya jika terjadi kerusakan karena dapat mengganggu sistem syaraf dan dapat menimbulkan kelumpuhan

Thorax (dada)

Thorax merupakan sistema tulang dada yang melingkupi dari atas pundak hingga perut. Thorax merupakan organ yang paling sering dilakukan pemeriksaan dalam radiologi dikarenakan mencangkup organ paru paru dan jantung.

Pelvis (Pinggul)

Pelvis adalah sistema tulang yang menjaga sistem reproduksi dan sistem urinari. selain sistem reproduksi dan urinari, pelvis masih menyatu dengan ujung vertebra yaitu sacrum.

Upper extremity (Tulang gerak atas)

Tulang gerak atas atau ekstremitas atas mencangkup dari bahu hingga ujung jari dan memiliki banyak sekali persendian. dimulai dari bahu turun ke lengan, siku, pergelangan tangan hingga telapak tangan dan jari, setiap bagian dihubungkan oleh persendia persendian yang memiliki rotasi masing masing

Lower Extremity (Tulang gerak bawah)

Sama halnya dengan ekstremitas atas. ekstremitas juga memiliki banyak persendian dan tulang tulang panjang seperti tulang paha (femur) dan tulang kering (tibula). ekstremitas bawah sering sekali terjadi patah atau fraktur dikarenak ekstremitas bawah merupakan tumpuan badan sehingga ketika terjadi kecelakaan maka kaki akan secara natural menumpu badan.

demikian penjelasan singkat mengenai anatomi radiologi tulang dasar manusia
semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "ANATOMI DASAR RADIOLOGI TULANG MANUSIA"

Posting Komentar

Google analytic

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel