Apa itu Radiologi, Radiografer, Radiolog serta sejarah Rontgen


Banyak yang tidak tahu mengenai dunia radiologi, Radiologi identik dengan radiasi yang berbahaya bagi tubuh manusia. Radiografer dan Radiolog adalah petugas medis yang melakukan pemeriksaan terhadapa pasien di rumah sakit dengan menggunakan paparan radiasi sinar X.

Sebelum kita bahas lebih jauh, kita akan membahas awal mula dari sinar X ini. Sinar X adalah sebuah inovasi yang ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Wilhelm Conrad Rontgen pada tahu 1901, dengan penemuanya ini, secara tidak langsung beliau merevolusi kedokteran diagnostik.  kesuksesan Percobaan pertamanya berupa mengambil fotografi sinar X dengan objek tangan kiri istrinya beserta cincin pernikahannya.

Radiologi dalam pengertiannya adalah sebuah unit khusus tenaga medis yang menggunakan radiasi sinar X untuk mendapatkan fotografi dan informasi organ dalam tubuh pasien tanpa perlu melakukan tindakan invasif guna memberikan informasi yang tepat untuk dilakukan tindakan medis lainya. Radiologi sangat berperan penting dalam menegakan diagnosa sebelum dilakukan tindakan berat seperti pembedahan dan operasi tulang yang mengalami patah atau cidera.

Radiografer adalah petugas operator alat radiologi. Radiografer dituntut untuk tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana mendapat gambaran foto rontgen  yang tepat untuk menegakan diagnosa. Radiografer selain mengoperasikan alat, juga harus mengetahui anatomi tubuh manusia sehingga dapat melakukan tindakan fotografi sinar x secara tepat sasaran.

Radiolog adalah seorang dokter yang mengambil spesialisasi radiologi, Radiolog bertugas sebagai penentu diagnosa dari foto yang dihasilkan oleh radiografer. selain menentukan diagnosa, Radiolog juga bertugas melakukan tindakan radiologi khusus yang memerlukan expertise seorang dokter seperti IVP, CIL, dll. 

Demikian secara singkat sejarah dari radiologi, semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Radiologi, Radiografer, Radiolog serta sejarah Rontgen"

Posting Komentar

Google analytic

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel